Jalani Ramadan di Canberra Lebih Mudah dari di Indonesia

detik com Menjalani shaum di negeri orang bagi beberapa pihak terasa sulit. Pasalnya di tengah bulan yang suci ini, bercengkerama dengan keluarga menjadi tradisi utama yang menjadi khas selama berbuka puasa serta sahur.

Tapi salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini tengah menjalani puasa di Canberra, Australia, merasa bahwa Ramadan saat ini lebih mudah dijalani dibanding di Tanah Air.

Mahasiswa pascasarjana di Australian National University, Abiyoga Hamim Syahputra yang akrab disapa Yoga menyebut ini adalah kali keduanya ia menjalani ibadah shaum di Canberra. Tidak jauh dengan di Tanah Air, lama waktu puasa di sana sekira 11 jam 40 menit. Walau memiliki jangka waktu yang sama, alumni Universitas Padjadjaran itu mengklaim “atmosfer” Ramadan di Canberra sangat berbeda dengan Indonesia.

“Tidak ada kemeriahan petasan, tidak ada ronda keliling bangunin sahur, tidak terdengar suara adzan dan bedug maghrib yang ditunggu-tunggu, tidak ada suasana kehangatan silaturahim orang yang berbondong-bondong memakai baju koko dan mukena untuk salat berjamaah di masjid,” ujar Yoga.

detik com Namun suasana iklim saat ini di Canberra disebut Yoga membantunya dalam menjalani ibadah puasa. Sebab saat ini Ibu Kota Negeri Kanguru tersebut sudah masuk musim dingin.

“Canberra pada bulan Juni sudah masuk winter (musim dingin), bahkan sejak Mei cuaca sudah dingin menuju winter. Sebaliknya, di Indonesia mendapatkan matahari terik sepanjang tahun,” tutur pria kelahiran Cilacap tersebut.

Mengingat Islam adalah agama minoritas di Australia, banyak warganya yang makan dan minum di tempat umum. Meskipun begitu, Yoga menjelaskan Muslim di Canberra sudah terbiasa dengan hal tersebut dan tidak merasa tersinggung ataupun tergoda.

“Beberapa teman yang berasal dari berbagai negara sepertinya mulai menyadari datangnya Ramadan. Menandakan semakin populernya tradisi islam di telinga orang-orang dari manca negara,” tambah pria yang hobi menonton itu. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *