Hasil Semifinal Piala AFF 2016: Vietnam vs Indonesia 2-2 (3-4), Timnas Garuda ke Final!

Hasil laga semi final leg kedua AFF Suzuki Cup 2016 ini membuat Timnas Garuda atau Indonesia lolos ke final dengan skor agregat 3-4 karena di leg pertama menang dengan skor 2-1.
Seperti yang sudah diperkirakan, Vietnam langsung tampil agresif sejak menit pertama dan berusaha mencetak gol secepat mungkin dengan melancarkan serangan demi serangan ke area pertahanan Indonesia. Beruntung, belum ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.
Di babak kedua, Vietnam semakin bernafsu untuk menjebol gawang Indonesia. Namun, justru tuan rumah kecolongan karena kurang koordinasi antara Tran Manh (kiper) dan Vu Thanh (bek) dalam mengantisipasi sontekan lambung Boaz Solossa. Alhasil, bola yang sudah di depan gawang langsung dicocor oleh Stefano Lilipaly. Skor 0-1 untuk Indonesia.
Langkah tuan rumah semakin berat karena Tran Manh dikartumerah pada menit 76. Salah satu bek Vietnam, Ngoc Hai Que,kemudian alih posisi sebagai kiper. Meskipun dalam situasi sulit, skuad asuhan Nguyen Huu Thang tidak lantas menyerah bahkan bisa menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 83 lewat Gol Van Thanh Vu.
Gol tersebut membuat seluruh isi stadion dan juga para pemain Vietnam bergelora dan kian bersemangat menambah gol. Konsentrasi lini belakang Indonesia pun buyar pada injury time babak kedua karena Vietnam mampu mencetak gol kedua melalui Minh Tuan Vu. Tempo normal berakhir dengan skor 2-1 dan harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.
Di babak perpanjangan waktu, Indonesia masih berada di bawah tekanan meskipun Vietnam hanya main dengan 10 orang. Namun, pada menit 97, wasit menunjuk titik putih setelah Ferdinand Sinaga dijatuhkan oleh Ngoc Hai Que. Manahati Lestusen yang tampil sebagai algojo sukses menambah skor untuk Indonesia menjadi 2-2.
Sisa pertandingan berjalan tegang. The Golden Stars terus menyerang dengan sisa-sisa tenaga yang ada, sementara armada Garuda juga sudah kelelahan. Beruntung, hingga laga berakhir skor tetap 2-2 untuk tim tamu. Indonesia pun berhak lolos ke final Piala AFF 2016 dengan skor agregat 3-4.

dom3minions.com bandar bola Sumber: Sidomi